Jumat, 30 November 2012

PENGARUH GLOBALISASI BAGI REMAJA (AKU)

Globalisasi adalah proses penyebaran unsur-unsur baru dan informasi baru secara mendunia baik melalu media cetak dan elektronik. Globalisasi dapat terjadi karena semakin canggihnya tekhnologi sehingga dapat memudahkan masyarakat berkomunikasi dan mendapatkan informasi baru secara cepat. Dengan adanya pengaruh globalisasi, masyarakat cepat terpengaruh oleh hal-hal yang positif maupun negatif terutama remaja. Pengaruh globalisasi pada remaja sangat besar seali. Remaja pada saat ini begitu dimanjakan dengan berbagai fasilitas. Contohnya media penyampaian informasi atau biasa disebut internet. Internet dapat memudahkan para remaja mendapatkan informasi dan berkomunikasi dengan mudah. Tetapi internet membawa dampak positif dan dampak negatif. Dampak positif pengaruh globalisasi adalah perkembangan ilmu pengetahuan, dan dampak negatif dari pengaruh globalisasi adalah gaya hidup yang kebarat-baratan. Remaja masa kini cepat terpengaruh oleh kebudayaan dan gaya hidup negara lain. Contoh yang sangat sering kita temukan adalah mengagumi artis idola dari luar negri, remaja saat ini sangat fanatik teradap artis yang mereka idola kan dari luar negri. Itu membuat pengaruh globalisasi semakin meuas. Tetapi masih banyak lagi yang mempengaruhi remaja saat ini, contohnya meniru gaya berpacaran orang luar negri, menonton yang tidak layak, meniru tindak kekerasan, dan masih banyak lagi. Tetapi pengaruh globalisasi juga ada yang berpengaruh positif bagi para remaja yaitu sebagai sarana mencari informasi dan untuk sumber pengetauan. Untuk para remaja sebaiknya menggunakan fasilitas pada zaman modern ini dengan sebaik-baiknya. Pengaruh globalisasi juga dapat dirasakan oleh ku dan sangat berpengaruh besar. Aku sangat beruntung hidup di zaman modern seperti sekarang ini. Karena pada saat ini aku tidak perlu sulit untuk berkomunikasi dan mencari informasi. Untuk berkomunikasi aku biasa menggunakan SMS, BBM, Twitter, facebook, my space, dll. Pada era globalisasi ini aku merasa beruntung hidup di zaman ini, karena banyak fasilitas yang bisa ku pakai dengan mudah dan praktis. Mungkin aku juga harus berhati-hati pada pengaruh globalisasi yang besar pada zaman ini. Karena banyak kejahatan yang terjadi di dunia maya, sehingga aku mengurangi kebiasaanku bermain Twitter, facebook dan sebagainya. Pengaruh globalisasi ini mungkin banyak terpengaruh dari luar ngeri, karena disana tekhonologi lebih canggih. Aku juga merasa, pengaruh dari luar negri itu sangat besar, karena aku kadang memerhatikan banyak para remaja berpacaran dengan gaya yang tidak wajar, ada beberapa siswa yang terlibat tawuran, dll. Dan aku juga terpengaruh pada era globalisasi ini, contohnya saya mengagumi artis dari luar negri. Begitu besar pengaruh globalisasi yang aku lihat dan rasakan. Berhati-hatilah pada pengaruh globalisasi mungkin sangat wajib dilakukan oleh para remaja. Karena aku hidup di zaman modern, yang segalanya bisa di dapat dengan cara yang mudah. NAMA : RIMAWANGI .N KELAS : 9 c

Tidak ada komentar:

Posting Komentar